Minggu, 02 Agustus 2009

blend material

dari namanya, “blend”, kurang lebih diartikan mencampur, atau tepatnya menggabungkan. dalam 3dsmax, type material ini menggabungkan beberapa slot material menjadi satu.


perhatikan gambar diatas. pada slot material baris atas nomor 1, 2, dan 3, warna merah, putih dan kuning saya buat dari vraymaterial biasa (lihat anak panah warna biru). dengan sedikit adjustment untuk mendapatkan reflectionnya.

pada baris keduapaling kiri,saya menggunakan blend material dari slot material merah, dan kuning. perhatikan anak panah warna hijau. pada slot mask, saya menggunakan image vk1.tif, meski slot mask ini dapat anda dapatkan dari slot lain pada material editor. tips saya, pilih instance (bukan copy / swap) pada saat anda drag n drop slot material merah / kuning ke slot material 1 dan 2 pada blend material. hal ini akan mempermudah anda untuk melakukan adjustment, cukup pada slot asli merah atau kuning, tanpa harus keluar masuk pada slot slot material blend.

well, blend material ini dapat juga anda gunakan pada slot material blend lainnya, asal anda tahu hierarki yang anda inginkan. sebagai contoh, pada baris kedua slot di tengah, saya ambil blend material lagi.

pada slot material 1 saya ambil dari blend material disebelahnya. sedangkan pada material dua, saya ambil dari slot material baris atas tengah. perhatikan anak panah warna biru. sedangkan untuk maskingnya saya gunakan file vk2.tif . material ini saya apply pada sphere dalam scene saya, dengan sedikit tambahan vraydisplacement, hasil rendernya dapat anda perhatikan.

kombinasi blend material dengan blend material, dapat anda aplikasikan dalam berbagai macam object. misalnya object yang ditempeli sticker, atau lainnya.

nah, mudah kan ? selamat mencoba.

download contoh file : blend-mat.zip (3dsmax 9 32bit Extension 1:Rev 3, V-Ray 1.5 RC5)
Filed in Tutorial / Workshop | Comments (1) »
happy discussing, happy rendering on VRAYKITA
21-Nov-08

yoi… forum vraykita kembali online.

setelah mencoba hosting di hostgator, ternyata server mereka terlalu ketat dalam pengijinan jumlah proses yang terjadi di server mereka. disinyalir forum vraykita terlalu memakan resource proses mereka. so back to our old server. fyi, mereka membatasi maksimal 25 process per user (untuk share hosting dan share ip)

hal ini juga terjadi di hosting masterwebnet dimana surabaya design forum (sdf) nongkrong. bedanya, nggak dikasih tau seberapa banyak proses yang diperbolehkan di server mereka. bikin bete juga.

back to vraykita, forum alhamdulillah sudah dapat jalan dengan lancar. so far nggak ada problem limit process, hingga update forum ke versi 1.1.7 pun tetap jalan. semoga gak ada problem yang berarti.

untuk frontpage, hm.. sorry guys, masih belum kelar. mohon doa restunya untuk menyelesaikan frontpage vraykita dengan tampilan dan fitur yang lebih ok.

beberapa rekan pastinya sudah pernah melihat bocoran tampilannya. keep it silent guys. cheers…

Tidak ada komentar:

Posting Komentar